Menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Hal ini tentu berkaitan dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja yang mewajibkan seseorang untuk membuktikan kemampuan dalam bidang pekerjaan mereka. Persoalan persaingan yang tidak sehat juga terkadang menjadi faktor terjadinya kesalahpahaman dalam dunia kerja. Nah, meski demikian menjaga hubungan baik dengan rekan kerja tetap dirasa perlu sebagai langkah awal menciptakan suasana kerja yang nyaman di kantor anda. Lantas, bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan rekan kerja untuk menciptakan kenyamanan tersebut? Berikut triknya untuk anda, simak ya!

Percaya

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah rasa saling percaya. Saling percaya dengan rekan kerja membuat pekerjaan akan terasa lebih ringan. Anda bisa menunjukan kepercayaan tersebut dengan membiarkan dia bekerja sesuai tingkat kemampuannya. Meskipun mungkin anda sempat merasa kecewa sebelumnya, anda pun bisa memupuk kembali rasa percaya itu seiring waktu. Kepercayaan membutuhkan waktu yang lama bukan?

Mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik akan membuat anda berarti di mata rekan kerja yang lain. Dunia kerja jelas dipenuhi dengan beragam tuntutan serta target pekerjaan yang pasti membuat anda sibuk. Namun, dibalik kesibukan tersebut anda tidak boleh lupa mendengarkan ide cemerlang yang mungkin dilontarkan oleh rekan kerja anda. Dengan mendengarkan segala ide rekan kerja,itu juga bisa dinilai sebagai bentuk menghargai sesame tim.

Atasilah Masalah Dengan Bersama-sama

Dunia kerja juga pasti memunculkan berbagai masalah. Ini bisa menjadi lahan anda untuk menciptakan hubungan yang harmonis dengan rekan kerja anda. Masalah yang muncul akan lebih cepat selesai dengan kegotong-royongan anda bersama rekan kerja yang lain. Hindari menganggap diri sebagai orang yang berhak atau yang bertanggung jawab menyelesaikan masalah, karena hal ini hanya akan membuat anda berselisih dengan rekan kerja.

Saling Menghormati

Sebagai manusia yang hidup bersosial, kita memang dituntut untuk saling menghormati sesama. Langkah ini juga menjadi kunci hubungan baik anda dengan rekan kerja. Jangan menghormati dengan melihat jabatan atau penampilan saja. Siapapun dan apapun jabatan rekan kerja yang masih dalam naungan perusahaan yang sama sebaiknya kita hormati dan diperlakukan dengan baik. Hubungan kerja juga akan menjadi lebih kekeluargaan dengan rasa saling menghormati tersebut.

Memulai Duluan

Trik ini bukan hanya disarankan ketika anda mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga disaat rekan kerja melakukan pekerjaan atau membantu anda dengan hasil yang baik. Saat anda membutuhkan pertolongan dari rekan kerja, jangan sungkan untuk memulai minta bantuan terlebih dulu. Begitupun sebaliknya, saat rekan kerja anda mampu membantu anda dengan hasil yang memuaskan, maka pujian yang baik juga bisa menjadi tips anda menjaga keharmonisan tersebut.

Hati Hati Dengan Bahasa Tubuh dan Ucapan

Untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja, anda pun wajib berhati-hati dengan ucapan atau gerakan tubuh anda. Hindarilah tatapan tajam atau merendahkan, ataupun memanggil rekan dengan berteriak dan semacamnya. Ini bisa menjadikan reputasi anda semakin buruk sekaligus menghancurkan hubungan baik yang terjalin dengan rekan kerja.

Kepedulian

Wujudkan kepedulian anda terhadap sesama rekan dengan membantunya disaat dia membutuhkan pertolongan. Mulailah berikan rekan kerja anda solusi bila memang itu yang dibutuhkan, atau anda juga bisa dimintai bantuan tenaga untuk menyelesaikan laporan yang belum sempat diselesaikannya karena alasan tertentu. Anda bisa mencoba membantunya sekali waktu, tentunya dengan catatan pekerjaan anda pun sudah terselesaikan lebih dulu.

Selain beberapa langkah diatas, masih banyak cara yang bisa diterapkan untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja di kantor. Secara umum, hubungan baik yang sehat akan tercipta ketika  mereka yang menjadi bagian didalamnya juga memiliki visi dan misi yang sama.

Demikian artikel informatif tentang tips untuk menciptakan hubungan baik dengan rekan kerja sebagai rekomendasi untuk anda. Semoga bermanfaat!

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •