Berhadapan dengan rutinitas pekerjaan setiap harinya pasti menimbulkan kepenatan yang sangat menyita tenaga dan pikiran kamu. Belum lagi jika kebetulan kamu memiliki atasan yang cenderung cerewet atau justru dingin. Ya, inilah yang banyak dikeluhkan saat berhadapan dengan atasan. Ada yang mengeluhkan atasan atau bos perempuan cenderung lebih cerewet dan banyak maunya. Tidak sedikit pula yang bilang bahwa bos laki-laki seringkali dingin dan suka mengatur. Nah, bagaimana fakta tentang bos perempuan atau laki-laki yang membuat anak buahnya nyaman? Berikut kekurangan dan kelebihan masing-masing. Simak ya!

Sisi Positif dan Negatif Bos Perempuan

Memang seorang perempuan memiliki sifat dasar berupa suka detail atau lebih rinci mengenai sesuatu. Nah, sifat yang semacam ini tentunya akan membawa dampak positif bagi karyawan ketika harus dihadapkan dengan tugas atau target yang baru. Bos perempuan tidak akan segan memberikan instruksi yang detail. Tidak hanya itu, bos perempuan juga sering banyak memberikan toleransi untuk karyawan yang memiliki kepentingan di luar kantor. Biasanya hal ini karena mereka juga memahami bahwa menjadi seorang perempuan. Jadi, ketika mengajukan cuti atau kepentingan keluarga, biasanya bos perempuan akan lebih mudah mengerti.

Seorang bos perempuan terkadang juga selalu rajin memberikan motivasi bagi karyawannya. Mungkin saja, naluri keibuan mereka membuat sikap positif tersebut muncul. Maklum saja, sebagai seorang perempuan memang terkadang diharuskan memiliki perhatian lebih terhadap seluruh anggota keluarga, sehingga tidak jarang mereka akan membawa sikap perhatian mereka juga ke dalam kantor.

Sayangnya, ada juga sisi negatif terkait dengan bos perempuan. Pernahkah menghadapi bos yang cemberut tiba-tiba atau marah tanpa sebab? Ya, sebagian besar kaum wanita memang lebih menggunakan perasaan dari pada logika mereka. Banyak juga bos perempuan yang kemudian bersikap moody dan menyalahkah semua bawahannya ketika dirinya tengah mengalami mood yang buruk. Hal ini juga berlanjut pada mereka yang kerap tidak bisa membedakan masalah pribadi dengan pekerjaan.

Kelebihan dan Kekurangan Memiliki Bos Laki-laki

Berbeda dengan sikap bos perempuan yang banyak menggunakan kata-kata atau yang sering dikenal dengan multitasking dan hasil yang kurang maksimal. Bos laki-laki juga dihadapkan dengan kelebihan dan kekurangan yang berbanding seimbang. Ketika memiliki bos laki-laki, sikap emosional, to the point, professional, dan lebih logis pasti bisa dirasakan oleh karyawan. Nah, banyak diantara bos laki-laki juga mengedepankan urusan kantor dibandingkan harus mengaitkannya dengan persoalan pribadi.

Bos laki-laki juga dikenal sebagai pribadi yang cepat mengambil keputusan serta mengatasi suatu masalah dengan cekatan. Bos laki-laki memang lebih suka mengambil risiko serta pantang melalaikan tanggung jawabnya. Banyak juga keuntungan dari memiliki bos laki-laki ini, dimana reward atau penghargaan untuk karyawan akan lebih sering diterima. Namun demikian, tidak jarang bos laki-laki ini tidak mau mentolerir suatu kesalahan yang dilakukan bawahannya.

Nah, selain kelebihan diatas ada juga kekurangan saat kamu dipimpin oleh bos laki-laki. Mulai dari mereka yang tidak peka terhadap permasalahan diluar kantor, hingga tidak adanya perhatian untuk bawahan. Bos laki-laki juga cenderung menyukai bawahan yang penurut, dibandingkan dengan mereka yang kritis dalam pekerjaan.

Menyikapi kedua perbandingan yang telah diulas diatas, sebenarnya tidak banyak hal yang berbeda dari bos perempuan maupun laki-laki. Mereka membawa karakter masing-masing dan sejatinya mampu memberikan suasana yang nyaman asalkan karyawan pandai mengambil hati.

Demikian artikel informatif tentang perbedaan memiliki bos perempuan dan bos laki-laki yang bisa disampaikan. Semoga bisa menjadi referensi pembaca!

 

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •